8 Hal Penting Sebelum Cabut Gigi dan Sesudahnya

8 Hal Penting Sebelum Cabut Gigi dan Sesudahnya - Pernah mengalami gigi berlubang, dan ingin mencabut gigi yang rusak tersebut? Bagi Anda yang mungkin baru pertama kali mengalami gigi yang rusak entah itu berlubang, atau pun gigi yang sudah habis terkikis dan ingin mencabutnya maka ada beberapa hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mencabutnya.

Memiliki gigi yang sehat dan kuat adalah dambaan setiap orang, namun bila suatu saat kita mengalami salah satu penyakit gigi seperti gigi berlubang, gigi busuk atau pun penyakit gigi lainnya. Seperti kita tahu bahwa gigi yang berlubang bila di biarkan saja dapat menjadi sarang penyakit, karena bisa saja bakteri bersembunyi disana dan mengakibatkan rasa sakit cenat-cenut pada gigi, atau pun gusi menjadi bengkak.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang, bisa dengan menambal gigi yang berlubang tersebut, atau bisa dengan menggunakan alternatif obat herbal (alami), Anda bisa membaca artikel caraobatisakitgigi.blogspot.com sebelumnya tentang 8 Obat Sakit Gigi Berlubang dari Bahan Alami untuk mengetahui obat herbal apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Selain dua alternatif di atas, cara lain yang bisa di gunakan untuk menangani gigi berlubang adalah dengan menghubungi tim medis dan melakukan cabut gigi.
8 Hal penting yang perlu di perhatikan sebelum mencabut gigi berlubang atau rusak dan setelah mencabut gigi, sebaiknya Anda baca
Illustrasi Gambar Wanita Sakit Gigi
Namun, sebelum memutuskan untuk mencabut gigi berlubang, alangkah baiknya jika Anda ketahui terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

4 Hal Penting Sebelum Mencabut Gigi

Beberapa hal berikut ini sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mencabut gigi Anda, Karena kita tahu bahwa gigi mempunyai banyak jaringan dan syaraf-syaraf, untuk itu musti berhati-hati dalam penanganannya.

1. Pastikan Bahwa Gigi Benar-benar Butuh Dicabut
Memastikan bahwa gigi yang akan Anda cabut benar-benar perlu di cabut, biasanya gigi yang sudah rusak dan memang tidak bisa lagi di rawat. Jika masih memungkinkan untuk di tambal, ada baiknya urungkan niat Anda, bisa coba dengan menambalnya terlebih dahulu.

2. Konsultasi Kepada Dokter Gigi
Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada tim medis, dalam hal ini adalah dokter gigi. Tanyakan apakah gigi Anda benar-benar harus di cabut, dan tanyakan juga apakah dampaknya bila tidak dicabut, Pastikan bahwa Anda benar-benar mengetahui alasan kenapa gigi Anda perlu di cabut.

3. Perhatikan Kondisi Kesehatan 
Badan yang sedang kurang fit atau kurang sehat juga hal yang penting dan perlu di perhatikan sebelum melakukan cabut gigi. Pastikan bahwa Anda memang sedang dalam kondisi sehat dan fit saat melakukan cabut gigi. Tidak sedikit orang yang sedang kurang sehat dan mencabut giginya akan mengalami demam tinggi. Untuk itu sebaiknya pastikan kondisi kesehatan Anda.

4. Rontgen Gigi Anda
Untuk mengetahui secara pasti bahwa gigi Anda memang butuh di cabut, tidak ada salahnya Anda melakukan Rontgen gigi. Anda bisa menanyakan kepada dokter gigi untuk proses rontgen gigi. Hal ini adalah untuk mengetahui secara lebih rinci kondisi gigi yang hendak dicabut, supaya dapat meminimalisir resiko.
8 Hal penting yang perlu di perhatikan sebelum mencabut gigi berlubang atau rusak dan setelah mencabut gigi, sebaiknya Anda baca
Illustrasi Gambar Cabut Gigi
Setelah mengetahui 4 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cabut gigi pada gigi berlubang atau gigi rusak yang lain, Nah lalu kira-kira hal-hal apa saja yang perlu di hindari setelah kita melakukan cabut gigi?

4 Hal Penting Sesudah Cabut Gigi

Proses pencabutan gigi selesai, namun tidak berhenti sampai di situ saja, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa hal yang perlu di hindari setelah mencabut gigi. Hal ini penting juga diperhatikan supaya tidak memperparah kondisi dan proses penyembuhan berjalan dengan baik.

1. Stop Memegang Luka
Sebaiknya jauhkan tangan Anda atau benda lain dari luka bekas cabutan gigi Anda, tangan yang kurang bersih dan juga benda lain dapat menyebabkan iritas pada luka bekas cabutan gigi. Untuk itu tahan keinginan Anda bila ingin memegang atau menyentuh bekas luka cabutan gigi baik dengan jari maupun benda lainnya.

2. Stop Merokok Selama 72 Jam
Jika Anda adalah perokok, sebaiknya hindari dulu merokok setidaknya 72 jam setelah melakukan cabut gigi. Hal ini dimaksudkan supaya proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

3. Stop Konsumsi Alk0hol 48 Jam
Hindari juga konsumsi minuman yang mengandung alkoh0l, setidaknya selama 48 jam setelah mencabut gigi Anda. Hal ini perlu di perhatikan juga karena kandungan yang kurang baik dalam alkoh0l di khawatirkan mempengaruhi proses penyembuhan gigi.

4. Hindari Makanan Keras
Sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi makanan yang keras, Anda bisa mengantinya dengan mengkonsumsi makanan yang lembut atau kenyal. Seperti contohnya puding, soup, atau pun bubur.

Itulah 8 Hal Penting Sebelum Cabut Gigi dan Sesudah Mencabut Gigi, Seperti pepatah bilang bahwa mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, untuk itu mari kita biasakan untuk menjaga kesehatan gigi kita. Oya Anda bisa juga membaca artikel kami sebelumnya tentang 7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya. Mari budayakan menjaga kesehatan gigi karena gigi adalah salah satu bagian tubuh kita yang sangat vital fungsinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Hal Penting Sebelum Cabut Gigi dan Sesudahnya