Cara Membuat Gigi Palsu Akrilik (10 Langkah Pembuatan Gigi Palsu dari Bahan Akrilik)

Cara Membuat Gigi Palsu - Sepertinya gigi palsu juga berperan sangat vital bagi orang yang membutuhkannya, seperti gigi asli sudah ompong, atau orang-orang tua yang sudah tanggal sebagaian besar giginya. Namun tidak sedikit pula anak-anak muda yang menggunakan gigi palsu sebagai ganti gigi asli mereka yang sudah rusak, baik karena gigi berlubang, atau pun telah membusuk dan copot dengan sendirinya.

Penggunaan gigi palsu dari bahan akrilik memang lazim dan banyak ditemui, dan tahukah Anda, ternyata gigi palsu itu dibuat oleh tekniker gigi, kalau Anda belum mengetahuinya, tekniker gigi adalah sebutan yang diberikan untuk mereka para pembuat gigi palsu. Jadi, gigi palsu sebenarnya bukan dibuat oleh dokter gigi, tapi pembuatnya adalah Tekniker gigi.

Lalu bagaimana cara membuat / bikin gigi palsu? apakah dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat gigi palsu? nah bila itu adalah pertanyaan yang mengganjal di pikiran Anda, maka tepat sekali bila saat ini Anda berada di blog caraobatisakitgigi.blogspot.com, karena memang pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi tentang cara-cara atau langkah demi langkah pembuatan gigi palsu akrilik.


Cara Membuat Gigi Palsu dari Bahan Akrilik (Langkah-langkah Pembuatan Gigi Palsu)

Para pembuat gigi palsu (tekniker gigi) biasanya menerima orderan dari Dokter Gigi untuk mengerjakan / membuat gigi palsu yang dibutuhkan. Nah berikut ini adalah langkah demi langkah yang dilakukan dalam pembuatan gigi palsu.

1. Langkah Pertama, Pengecoran Cetakan Negatif

Dokter gigi yang sudah membuat cetakan negatif (cetakan untuk gigi yang akan dibuat), kemudian para tekniker gigi mulai melakukan proses pengecoran.
Illustrasi Gambar Cara Membuat Gigi Palsu , Proses Pengecoran Cetakan Negatif  Gigi Palsu

2. Langkah Kedua, Persiapan Model Kerja

Langkah berikutnya dilakukan setelah hasil pengecoran kering, cetakan negatif yang telah selesai di cor dan sudah mengering, tahap selanjutnya adalah persiapan model kerja, di tahap ini dilakukan pembersihan pada model kerja, supaya hasilnya bagus, pembersihan biasanya untuk menghilangkan gelembung-gelembung (bubble), yang tersisa karena proses pengecoran.
Illustrasi Gambar Proses Model Kerja yang Dihaluskan Menggunakan Mesin Trimmer

Setelah pembersihan dari bubble selesai, biasanya tekniker gigi menggunakan mesin untuk trimmer, dimaksudkan supaya hasil yang diperoleh bisa lebih halus dan maksimal. Untuk penggunaan mesin trimmer dibutuhkan keahlian, selain itu juga cukup berbahaya bila tidak hati-hati dalam penggunaannya.

3. Langkah Ketiga, Block Out Gigi Palsu

Tahap yang ke 3 ini merupakan tahapan inti, karena pada tahapan ini, gigi palsu mulai di bentuk. Model kerja yang telah di cor dan ditrimmer sudah siap untuk dibentuk sesuai pesanan. Nah bahan-bahan pembuatan gigi palsu juga berbeda-beda, namun kali ini caraobatisakitgigi.blogspot.com hanya memberikan contoh pembuatan gigi palsu dari bahan akrilik.

Setelah langkah kedua selesai, lalu gigi palsu (yang terbuat dari bahan akrilik) diblock out, biasanya tekniker gigi menggunakan bahan gipsum putih untuk memblock out gigi palsu akrilik, tujuannya adalah supaya gigi palsu tersebut lebih mudah saat hendak dipasang atau di lepaskan dari mulut penggunannya.

Untuk memudahkan Anda tentang gambaran blockout gigi palsu menggunakan gipsum putih Anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini:
Gambar Block Out Gigi Palsu dengan Media Gipsum Putih


4. Langkah Keempat Pemasangan Klam (Klammer) Gigi Palsu

Ketika proses block out selesai dikerjakan, tekniker gigi melanjutkannya dengan memberikan klem (klemer), nah tujuan dari pemberian klam disini adalah sebagai pegangan (retensi) gigi palsu, saat pemakaiannya nanti klam akan dikaitkan dengan gigi asli yang ada di sebelahnya, sehingga gigi palsu tidak mudah copot atau lepas.
Proses Klamer, atau Pemberian Pengait Supaya Gigi Palsu Akrilik Tidak Mudah Copot

Pembuat Gigi Palsu (Tekniker Gigi), Melakukan Klamer 


5. Langkah Kelima Penyusunan Gigi Palsu 

Setelah selesai di pasangi klam (klamer), langkah selanjutnya adalah penyusunan gigi, dibutuhkan ketekunan dan ketelitian saat proses penyusunan gigi ini, supaya gigi palsu akrilik bisa digunakan secara maksimal serta nyaman.
Illustrasi Gambar Penyusunan Gigi dengan Menggunakan Bahan Wax / Malam

Biasanya tekniker gigi menggunakan bahan malam atau wax dalam penyusunan gigi palsu, nah disini biasanya basis gigi palsu juga di buat, supaya mirip dengan susunan gigi asli. Dengan begitu, kenyamanan saat penggunaan gigi palsu akrilik bisa didapatkan.
Illustrasi Gambar Penyusunan Gigi Palsu Menggunakan Wax

Ketika tahap atau langkah kelima selesai dikerjakan, ini berarti prosedur awal (mentahan) pembuatan gigi palsu akrilik tinggal ke tahap selanjutnya, pada tahapan ini, dibutuhkan alat pendukung, yaitu panci dan kompor. Lho, kenapa panci dan kompor min? biar gak penasaran yuk lihat ke proses pembuatan gigi palsu akrilik selanjutnya.


6. Langkah Keenam Penanaman Gigi Palsu ke Gips

Pada tahapan atau langkah ini, tekniker gigi akan menanam model kerja yang telah rapih beserta susunan gigi kedalam sebuah wadah, wadah yang digunakan ini sering di kenal dengan Cuvet. Nah media tanam yang umumnya digunakan adalah gips.

Untuk memudahkan Anda, berikut adalah contoh gambar penanaman model kerja beserta gigi yang sudah tersusun kedalam cuvet.
Penanaman Model Kerja dan Gigi Palsu yang Telah di Susun Kedalam Cuvet

7. Langkah Ketujuh Boiling Out 

Setelah proses penanaman selesai, langkah selanjutnya adalah boiling out, atau perebusan, nah pada tahap inilah panci dan kompor tadi dibutuhkan. Cuvet kita masukan dalam air mendidih selama kurang lebih 9-12 menit.
Illustrasi Gambar Hasil Boiling Out

Tahap perebusan (boiling out) ini dimaksudkan supaya malam atau wax yang tadi digunakan untuk penyusunan gigi bisa di hilangkan, sehingga ada space (ruang), yang nantinya akan diisi dengan bahan dasar pembuatan gigi palsu akrilik, pastilah isinya adalah akrilik itu sendiri.


8. Langkah Kedelapan Curing

Usai boiling selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah pengisian akrilik, dalam pengisian ini usahakan supaya cuvetnya saling menempel (metal to metal) antara cuvet bawah dan cuvet atas. Lalu lakukan perebusan yang ke 2. Nah perebusan yang ke 2 ini membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 40 hingga 50 menit. Proses ini dikenal juga dengan sebutan Curing.
Illustrasi Gambar Proses Pengisian Akrilik ke Cuvet Hasil Boiling Out


9. Langkah Kesembilan Finishing

Perebusan ke 2 selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pembongkaran, cuvet yang sudah di isi akrilik tadi dibongkar, usahakan dalam proses pembongkaran ini harus hati-hati, supaya tidak terjadi patah pada gigi palsu yang sudah di buat tadi.
Proses Pembongkaran Cuvet Setelah  Selesai Dilakukan Perebusan yang Ke 2

Setelah selesai dibongkar, lalu dilanjutkan dengan pembersihan cuvet dari bahan tanam, nah pada tahap selanjutnya prosedur yang diterapkan adalah finishing, di bagian ini tekniker gigi biasanya menggunakan mata bor untuk merapihkan gigi palsu hingga ke bagian yang paling dalam (masuk ke model kerjanya lagi).
Prosedur Pembersihan dan Perapihan Gigi Palsu Menggunakan Mata Bor

Para tekniker gigi juga akan mengecek okulasi dan gigitanya, di tujukan supaya ketika gigi palsu digunakan rasa nyaman tetap terjaga (bisa mengunyah dengan baik). Pada tahapan ini memang dibutuhkan ketelitian, bahkan pada setiap sudut gigi palsu di buat senyaman mungkin.

10. Langkah Terakhir Polishing

Pembersihan dan pengecekan gigitan sudah selesai dilakukan, langkah atau prosedur yang terakhir adalah polishing, nah di tahapan terakhir ini tekniker gigi akan memberikan sentuhan terakhir sebelum gigi di serahkan kepada pemesannya (dokter gigi).
Gambar Proses Polishing, Penggunaan Sikat Hitam, Feltcote, CaCO3 dan Sikat Putih Untuk Mendapatkan Gigi Palsu Akrilik yang Putih Bersih serta Kinclong

Untuk bahan yang digunakan dalam proses polishing adalah pumish, di sini selain pumish tekniker gigi juga menggunakan sikat hitam, kemudian dilanjutkan dengan feltcone, CaCO3, dan bantuan sikat putih. Penggunaan bahan-bahan tersebut tentu saja untuk menghasilkan gigi palsu yang tampak kinclong dan putih bersih serta halus. Dan selesai. Gigi palsu akrilik telah selesai dibuat.

Baca juga: 
1. Hal-hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Mencabut Gigi.
2. Langkah Mudah Membersihkan Karang Gigi Bandel dan Berkerak.
3. Harga Cabut Gigi di Puskesmas, Dokter, Klinik dan Rumah Sakit.
4. Malas Pergi ke Dokter Gigi Meskipun Sakit Gigi? Sebaiknya Baca Ini
5. Gigi Berlubang Ternyata Bisa Diatasi Dengan Cara Ini Loh.
6. Tips Jitu Mencegah Munculnya Sakit Gigi.
7. Sst.. Ternyata Ini Penyebab Gusi Bengkak.

Nah itulah tadi Cara Membuat Gigi Palsu dari Bahan Akrilik (10 Langkah Pembuatan Gigi Palsu), ternyata cukup rumit juga ya? Tekniker gigi mengerjakan hal ini dengan teliti, tentu saja untuk memberikan kenyamanan dalam penggunaan gigi palsu akrilik. Apakah ada diantara Anda yang tertarik untuk membuat gigi palsu akrilik sendiri?.

Oya pada kesempatan berikutnya, kita akan berbagi informasi menarik lainnya yang masih berhubungan dengan gigi, untuk itu jangan sampai ketinggalan update dari kami, silahkan berlangganan pembaruan kami, dengan cara masukan email Anda di kolom submit dibawah artikel ini, lalu klik submit. dan konfirmasi email Anda. Dan satu lagi, bila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Gigi Palsu Akrilik (10 Langkah Pembuatan Gigi Palsu dari Bahan Akrilik)